0

Apa itu Koobface (Virus Semut) ?

Posted by faizullah on 9:27 AM in ,

Koobface juga disebut sebagai Facebook worm, Myspace worm atau Facebook virus adalah sejenis worm yang menyebar melalui pesanan-pesanan di social networking seperti Facebook dan MySpace. Worm ini mampu menyusup ke PC kita dan kemudian mereplikasi dan menjangkiti semua file yang ada dalam harddisk. Beza antara worm dan virus, jika virus biasanya akan menempel di file-file yang ada dalam computer kita, sedangkan worm akan menghapus file yang ada dan membuat file tiruan yang sudah terinfeksi. Hebatnya lagi worm ini mampu mengirim email automatik dari PC yang sudah terinfeksi ke PC lainnya untuk menyebar.

Bagaimana Virus bertindak?

Biasanya virus ini menyebar melalui message menggunakan account teman kita di facebook, seolah-olah teman kita sedang mengirimkan sebuah link foto atau video. Kadang-kadang disertai ayat-ayat yang memerangkap seperti “you look funny in this video” atau “you look so stupid in this pic“. Atau berisi nama dan isu-isu oang terkenal yang lagi hangat. Misalnya yang terbaru adalah menyebar melalui link video bernama Obama atau yang berbau fornografi. Dan jika kita klik link untuk membuka video yang kita sangka dikirim oleh teman kita, sebuah player video akan muncul tapi video yang ada tidak akan berjalan dan kita diminta untuk mendownload sebuah codec atau harus melakukan update video player agar bisa memainkan video yang ada. Ketika kita mengikuti perintah yang ada dan mengklik link update video/flash player, sepertinya kita sedang mendownload sebuah file flash_player.exe, padahal sebetulnya kita sedang mendownload sebuah file worm atau Trojan yang bernama codecsetup.exe atau tinyproxy.exe. File inilah yang akan menyerang dan mengjangkiti seluruh file dan system di komputer kita.


Contoh - contoh "umpan" penyebaran Virus Koobface:

Link pada Messages

Link dengan kata kunci dan gambar yang "Hangat"

Link untuk menaiktaraf "Video Player"

Cara Remove Koobface.


Incase komputer kita sudah ditembusi koobface, cara paling mudah untuk me-removekan worm ini adalah dengan menggunakan software antispyware. Dan kalau kita menggunakan anti spyware ataupun anti virus jangan lupa untuk selalu melakukan update, karana worm ini juga sering di update oleh syarikat anti-virus tersebut.

Kredit kepada Blog Bujang Susah untuk artikel asal.

0 Comments

Copyright © 2009 Bahagian Teknologi Maklumat All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.